WordPress pada Cloud Hosting dengan Pagoda Box

WordPress pada Cloud Hosting dengan Pagoda Box

PaaS (Platform as a Service) adalah sebuah kategori komputasi awan yang menyediakan platform komputasi dan solusi stack sebagai layanannya (wikipedia). Pagoda Box adalah salah satu penyedia PaaS di internet, dari deskripsi yang diberikan Pagoda box adalah “An Object Oriented Hosting Framework”. Tidak seperti hosting biasa, Pagoda Box membebaskan web developer dari mengatur konfigurasi keamanan dan kerepotan lain yang berkaitan dengan tetap berjalannya aplikasi web dari serangan hacker maupun dari sekedar orang iseng yang melakukan Denial of Service.

Pada artikel ini kita hanya perlu memasang WordPress dan sisanya kan ditangani oleh Pagodabox. Bukankan aitu terdengar menyenangkan terutama bagi developer tidak mau repot dengan pengaturan keamanan server dsb.

Langkah 1 – Register

Silakan ikut langkah-langkah untuk register, dan isikan data-data yang diminta. Tapi apabila tidak ingin register bisa memilih login dengan account google, twitter maupun github.

Langkah 2 – Login

Langkah 3 – Dashboard

Halaman Dashboard adalah titik awal dimana kita akan memulai menerbitkan aplikasi. Disini terlihat ada dua aplikasi yang sudah berjalan, itu karena memang saya sudah menggunakan Pagoda Box beberapa saat lalu. Untuk memulai klik saja tombol New Application.

Langkah 4 – Launch

Ada tiga pilihan Quick Start , Clone an Existing Repo dan Empty Repo. Quick Start untuk memulai aplikasi dari awal dan tanpa menggunakan Repo, kita akan menggunakan pilihan yang ini.

Langkah 5 – Pilih Quickstarts

Disini terdapat berbagai pilihan mulai dari Framework sampai dengan Ecommerce. Tinggal pilih sesuai keiinginan, pada kali ini kita akan memilih WordPress. Klik Free….

 

Langkah 6 – Developing

Pada tahap ini kita tinggal menunggu sampai proses developing selesai.

Langkah 7 – Developing Done

Jika anda sampai pada tahap ini berarti developing sudah selesai.

Langkah 8 – App Dashboard

Pada Dashboard terdapat semua kontrol yang diperlukan untuk mengatur aplikasi ini.

Langkah 9 – WordPress Instalation

Langkah 10 – Login

Langkah 11 – WordPress Dashboard

Langkah 12 – Done

Selamat, anda telah mendapatkan instalasi wordpress pada pagodabox dengan sukses :)